Halaman

Rabu, 09 Mei 2012

PENGERTIAN BIMBINGAN BELAJAR


BIMBINGAN DAN KONSELING


Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah terlepas dari berbagi masalah. Masalah yang menimpa manusia terkadang membuat manusia menjadi frustrasi, tak berdaya, nelangsa dan putus asa. Bahkan tak jarang orang yang begitu banyak diterpa berbagai masalah hidup lebih memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri karena tak kuasa menghadapi masalah tersebut. Hal ini diakibatkan oleh tidak adanya pengetahuan, ilmu, serta pengalaman dalam mengahapi masalah. Oleh sebab itu manusia harus mendapat bimbingan agar mampu membantu keluar dari masalah yang sedang dihadapinya.
Untuk lebih memahami apakah ‘bimbingan’ itu, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengulas tentang pengertian bimbingan dari berbagai sisi yaitu dilihat dari segi bahasa serta dilihat dari segi istilah (pendapat para ahli). Bimbingan secara bahasa dapat berarti sebagai berikut :
· menunjukkan
· menentukan
· mengatur
· mengemudikan
· memimpin
· mengadakan
· mengistruksikan
· memberi saran
· mengatur
Sedangkan secara istilah, ‘bimbingan’ diartikan dengan pengertian yang beragam oeh para ahli namun dengan satu kata kunci yang sama yaitu “membantu”. Mungkin hal ini agak bersebrangan dengan pengertian bimbingan secara bahasa yang lebih menekankan peran aktif pembimbing sedangkan orang yang dibimbing lebih pasif. Akan tetapi proses bimbingan pada saat sekarang lebih mengacu kepada peran aktif seorang yang dibimbing untuk dapat menetukan langkah apa yang akan diambil ketika menghadapi masalah, sedangkan pembimbing tidak lebih sebagai orang yang membantu dalam pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Berikut saya cantumkan beberapa pengertian bimbingan menurut para ahli:
· Miller (I. Djumhur dan Moh. Surya, 1975) mengartikan bimbingan sebagai proses bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum di sekolah, keluarga dan masyarakat.
· Dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dikemukakan bahwa “Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan”.
· Djumhur dan Moh. Surya, (1975)  berpendapat bahwa bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya  (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah dan masyarakat.
Dari tiga pendapat tersebut di atas dapat kita ambil beberapa kata kunci yang berkaitan dengan pengertian bimbingan, diantaranya:
· Proses bantuan agar tercipta pemahaman diri untuk menyesuaikan diri di mana saja      berada
· Bantuan untuk mengenal diri dan lingkungan sehingga ia dapat menggunakan potensinya
· Kegitan yang terorganisir dan sistematis sehingga menyadari tentang dirinya sebagai individu dan anggota masyarakat
· Bantuan untuk membuat keputusan, pengaturan dan pemecahan masalah
· Kegiatan yang berkesinambungan agar tercipta self understanding, self acceptance, self direction, dan self realization
· Pelayanan secara personal atau kelompok agar dapat mencapai kemandirian dan perkembangan yang optimal
Berdasarkan uraian tersebut diatas mengenai pengetian bimbingan secara bahasan dan secara istilah menurut pemikiran para ahli serta beberapa kata kunci yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan merupakan suatu proses bantuan secara sistematis, terorganisir, dan berkesinambungan yang diberikan kepada seseorang, kelompok atau masyarakat agar bisa membuat keputusan, memecahkan masalah, dan bisa memahami diri dan lingkungannya sehingga dapat menyesuaikan diri dimana pun ia berada serta dapat mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya
Bimbingan dan Konseling
Pengertian Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan konseling berasal dari dua kata yaitu bimbingan dan konseling. Bimbingan merupakan terjemahan dari
guidance yang didalamnya terkandung beberapa makna. Sertzer & Stone (1966:3) menemukakan bahwa guidance
berasal kata guide yang mempunyai arti to direct, pilot, manager, or steer (menunjukkan, menentukan, mengatur, atau
mengemudikan).
Prayitno dan Erman Amti (2004:99) mengemukakan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang
dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa
agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan
kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku. Sementara,
Winkel (2005:27) mendefenisikan bimbingan: (1) suatu usaha untuk melengkapi individu dengan pengetahuan,
pengalaman dan informasi tentang dirinya sendiri, (2) suatu cara untuk memberikan bantuan kepada individu untuk
memahami dan mempergunakan secara efisien dan efektif segala kesempatan yang dimiliki untuk perkembangan
pribadinya, (3) sejenis pelayanan kepada individu-individu agar mereka dapat menentukan pilihan, menetapkan tujuan
dengan tepat dan menyusun rencana yang realistis, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan memuaskan diri
dalam lingkungan dimana mereka hidup, (4) suatu proses pemberian bantuan atau pertolongan kepada individu dalam
hal memahami diri sendiri, menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih,
menentukan dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinya dan tuntutan lingkungan.
I. Djumhur dan Moh. Surya, (1975:15) berpendapat bahwa bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang
terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai
kemampuan untuk dapat memahami dirinya (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance),
kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization)
sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga,
sekolah dan masyarakat. Dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dikemukakan
bahwa “;;Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menemukan pribadi,
mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan”;;.
Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa bimbingan pada prinsipnya adalah proses pemberian bantuan
yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu dalam hal memahami diri sendiri,
menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih, menentukan dan menyusun rencana
sesuai dengan konsep dirinya dan tuntutan lingkungan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Sedangkan konseling menurut Prayitno dan Erman Amti (2004:105) adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan
melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu
masalah (disebut klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Sejalan dengan itu, Winkel
(2005:34) mendefinisikan konseling sebagai serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha membantu
konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai
persoalan atau masalah khusus.
Berdasarkan pengertian konseling di atas dapat dipahami bahwa konseling adalah usaha membantu konseli/klien secara
tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau
masalah khusus. Dengan kata lain, teratasinya masalah yang dihadapi oleh konseli/klien.
Pustaka
I. Djumhar dan Moh. Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Guidance & Counseling). Bandung : CV Ilmu.
Shertzer, B. & Stone, S.C. 1976. Fundamental of Gudance. Boston : HMC
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Cetakan ke dua.
Winkel, W.S,.2005. Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan, Edisi Revisi. Jakart a: Gramedia





























A. Latar Belakang
Siswa adalah bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Di dalam proses belajar mengajar sangat banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Guruyang profesional akan membantu setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswatersebut terutama adalahb guru Bimbingan dan Konseling. Dalam makalah ini kitaakan membahas sebuah permasalahan yang dihadapi siswa, yaitu adalah tentangkesulitan belajar.
B. Rumusan Masalah
1.Apa Pengertian Bimbingan dan KonselingBelajar?
2.Apa saja kesulitan belajar itu?
3.Apa saja yang akan dilakukan oleh seorang guru untuK mengatasi permasalahan belajar?

C. Tujuan
1.Menjelaskan tentang permasalahan belajar siswa2.Memberikan penalaran kepada guru untuk menghadapi siswa yang bermsalah dalam belajar
A. Latar Belakang
Siswa adalah bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Di dalam proses belajar mengajar sangat banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Guruyang profesional akan membantu setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswatersebut terutama adalahb guru Bimbingan dan Konseling. Dalam makalah ini kitaakan membahas sebuah permasalahan yang dihadapi siswa, yaitu adalah tentangkesulitan belajar.
B. Rumusan Masalah
1.Apa Pengertian Bimbingan dan Konseling Belajar?
2.Apa saja kesulitan belajar itu?
3.Apa saja yang akan dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi permasalahan belajar?
C. Tujuan
1.Menjelaskan tentang permasalahan belajar siswa2.Memberikan penalaran kepada guru untuk menghadapi siswa yang bermsalah dalam belajar

MATERI IBIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR A.Konsep Bimbingan dan Konseling Belajar1.Pengertian Bimbingan
Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada individu dariseorang yang ahli, namun tidak sesederhana itu untuk memahami pengertian dari bimbingan. Pengertian tentang bimbingan formal telahdiusahakan orang setidaknya sejak awal abad ke-20, yang diprakarsai oleh
 Frank Parson (1908)
. Sejak itu muncul rumusan tentang bimbingan sesuaidengan perkembangan pelayana bimbingan, sebagai suatu pekerjaan yangkhas yang ditekuni oleh para peminat ahlinya.Maka untuk memahami pengerian dari bimbingan perlumempertimbangkan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahlisebagai berikut:
a.
Bimbingan sebagai bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat memilih, mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan danmendapat kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya
(Frank  Parson,1951).
b.
 Frank Parson
merumuskan pengertian bimbingan dalam beberapaaspek yakni bimbingan diberikan kepada individu untuk memasukisuatu jabatan dan mencapai kemajuan dalam jabatan. Pengertian inimasih sangat spesifik yang berorientasi karir.
c.
Bimbingan membantuh individu untuk lebih mengenali berbagaiinformasih tentang dirinya sendiri
(Chiskolm,1959).
d.
Pengertian bimbingan yang dikemukakan oleh Chiskolm bahwa bimbingan membantuh individu memahami dirinya sendiri, pengertianmenitik beratkan pada pemahaman terhadap potensi diri yang dimiliki.e.
Bimbingan merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkanrealisasi pribadi setiap individu
(Bernad & Fullmer,1969).


f.
Pengertian yang dikemukakan oleh
 Bernard & Fullmer 
bahwa bimbingan dilakukan untuk meningkatkan perwujudan diri individu.Dapat dipahami bahwa bimbingan membantu individu untuk mengaktualisasikan diri dengen lingkungannya.
g.
Bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yangmenekankan proses belajar yang sistematik 
(Mathewson,1969).Mathewson
mengemukakan bimbingan sebagai pendidikan dan pengembangan yang menekankanbimbingan sebagai bentuk  pendidikan dan pengembangan diri, tujuan yang diinginkan diperolehmelalui proses belajar.Dari beberapa pengertian bimbingan yang dikemukakan oleh para ahlimaka dapat diambil kesimpulan tentang pengertian bimbingan yang lebihluas, bahwa bimbingan adalah : “Suatu proses pemberian bantuan kepadaindividu secara berkelanjutan dan sistematis, yang dilakukan oleh seorangahli yang telah mendapat latihan khusus untuk itu, dimaksudkan agar individu dapat memahami dirinya, lingkungannya serta dapatmengarahkan diri dan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk dapatmengembangkan potensi dirinya secara optimal untuk kesejahteraandirinya dan kesejahteraan masyrakat”
2.Pengertian Konseling
Konseling berasal dari bahasa
 Latin
,
Consillium
 berarti dengan atau bersama yang dirangkai dengan menerima atau memahami.Sedangkandalam bahasa Anglosaxon istilah konseling berasal dari istilah sellan yang berarti menyerahkan atau menyampaikan. Sebagaimana istilah bimbingan,istilah konseling juga mengalami perkembangan dan perubahan. Menurut para ahli konseling adalah :
a.Jones, 1951
1)Konseling terdiri atas pengungkapan atau data tentang siswa serta pengarahan kepada siswa untuk dapat mengatasi masalah-masalahyang dihadapinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar